Senin, 15 Desember 2008

Makan Mie Ayam Yuukkkk....!!!


Aihhh ..... ketemu lagi di blog , untuk kali ini saya akan menulis mie ayam hehehe..... ini bukan sembarang mie lohhh soalnya dalam sebulan ini aku membuatnya 3 kali berturut-turut hehheh.... hitung-hitung belajar berexperimen buat mie ayam sesuai requets suamiku .Awalnya kita hanya mencoba membuat mie yang ditabur dengan topping ayam kecap dan jamur yang agak kering , tapi lama-lama kok ketagihan yahh hehhehe ..... selama tiga minggu berturut-turut aku selalu mencoba membuat toppingnya agar bisa selangkah lebih nikmat , resepnya sihhh mudah semua pasti bisa masak mie ayam ini , bahannya juga dapat dijumpai di pasar tradisional , supermarket ataupun toko lainnya ! Mienya aku biasa beli mie kering telor yang udah jadi hehhehe tinggal sedu udah dehh beres , nah sekarang kita buat toppingnya
Bahan topping ayam :
ayam 1/2 kg + kaki ayam 1/4 kg ( Rebus menjadi satu , angkat ayam terlebih dahulu potong dadu sisakan kaki ayam sampai lunak dalam rebusan )
Daun bawang 5 ikat ( potong kecil-kecil )
Kecap manis 2 sdm
kecap asin 1 sdt
angciu 1 sdm
minyak wijen 1 sdm
kecap inggris 1 sdm
bawang putih 2 siung ( haluskan )
merica bubuk ( optional kalo suka pedas boleh banyakin )
jamur kancing 1/4 kg ( potong dadu )
Garam dan gula secukupnya .
sedikit minyak sayur , margarin atau mentega tergantung yang ada didapur deh buat menumis

Cara membuat topping ayam :
Panaskan minyak sayur /mentega , masukkan bawang putih , jamur , rebusan ayam , kemudian masukkan berbagai macam kecap dan teman-temannya , kemudian terakhir masukkan kaldu sisa rebusan ayam dan daun bawang , masak hingga matang dan kuah agak mengental .

Bahan kaldu :
sumsum 1 ons ( biasanya saya hanya membeli sumsunya aja tdk dgn tulang )
bawang putih 1 siung ( haluskan )
merica bubuk 1 sdt ( haluskan atau dapat diganti merica bubuk )
1 ikat daun bawang iris halus
baso sapi ( optional )
Air 1,5 liter
Garam , gula dan kaldu sapi instant secukupnya .
minyak sayur , margarin atau mentega

Cara membuat kaldu :
Didihkan air dengan sumsum dan baso , biarkan sampai sumsum mencair dan air mendidih , sementara itu Panaskan minyak sayur , masukkan bawang putih , merica, kemudian masukkan tumisan bawang putih kedalam rebusan air kaldu sumsum , dan terakhir masukkan irisan daun bawang ,garam, gula,serta kaldu sapi instant . biarkan sampai mendidih kembali , dan angkat .

Setelah selesai , rebus sayur sausin dan mie kering , taruh dalam mangkuk kemudian mie dan sayur ditata didalam mangkuk taburkan topping ayam diatas mie , siramkan dengan kaldu dan tambahkan baso , jika ada yang suka pedas boleh ditambahkan sambal cabe rebus ,bawang goreng, saus , dan goreng pangsit , wahhh mie ayam kali ini dijamin eunak.. euanakkkkk..... sampai 5M deh ( merem melek.. meremmelek ...merem melek ... ) hehhehehe ..... suamiku sampai berkeringat makan mie ayam jamur ini hehhehehe ...... apalagi dinikmati pada saat musim hujan begini wuhhhh..... mantap boo ... !! Kaki ayam sengaja saya campurkan kedalam topping ayam karena biar berasa bumbu kecapnya , ada yang lebih suka hanya direbus itu tergantung selera sihhh tapi apapun cara makannya yang pasti tetep sehat ,tetep semangat di wisata kuliner berikutnya hahhahahah..... plagiat pak bondan nihh !! inget jangan sering gunakan monosodium glutamat ( vitsin ) yaahhhh, jaga kesehatan karena kalo badan sehat , makan juga enak dan wisata kuliner teteppp jalann hahahahaha....... !!! ini dia penampakannya hehehhe...!!!

Tidak ada komentar: